top of page
  • Writer's pictureQeis Muhammad

Alien Design Consultant Raih Penghargaan IndoBuildTech Architecture Prize 2024

Alien Design Consultant kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih penghargaan dari IndoBuildTech Architecture Prize 2024. Penghargaan ini diberikan atas karya arsitektur Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak (Merak Port Executive Terminal) yang berlokasi di Cilegon, Banten, dalam kategori Public Transportation.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Hardyanthony Wiratama, selaku Managing Director Alien Design Consultant, pada tanggal 15 Juni 2024 di Nusantara Hall ICE BSD, Tangerang. Turut hadir dalam acara tersebut Aditya W. Fitrianto, selaku Architectural Project Director Alien Design Consultant.


Tentang IndoBuildTech Architecture Prize 2024

IndoBuildTech, sebagai pameran material bangunan, arsitektur, dan interior terbesar di Indonesia, sejak 2003 telah menjadi rumah bagi brand kelas dunia. Pameran ini mengundang pembeli, produsen, dan pengunjung dari seluruh dunia, menjadikannya platform utama untuk bertemu dan networking.

PT Debindo International Trade & Exhibitions, sebagai penyelenggara IndoBuildTech, merasa perlu untuk memberikan apresiasi khusus kepada para arsitek dalam perannya membangun Indonesia. Karenanya, dibuatlah penghargaan bergengsi bernama IndoBuildTech Architecture Prize, yang mengakui kontribusi signifikan arsitek dalam pembangunan Indonesia. Penghargaan ini mencakup berbagai kategori, yaitu:

  • High Rise Building

  • Commercial Building

  • Residential Housing

  • Private House

  • Sport Facility

  • Public Landscape

  • Hospital & Healthcare

  • Religion Building

  • Cultural & Community Center

  • Hotel & Leisure

  • Public Transportation

  • Education Building


Proyek Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak berhasil memenangkan kategori Public Transportation berkat desain inovatif dan fungsionalnya.

Alien Design Consultant juga merasa terhormat dapat berdiri bersama firma arsitek ternama lainnya seperti Arkonin, Andramatin, Mamostudio, Aboday, PDW, Han Awal, Atelier Riri dan lainnya, yang juga menerima penghargaan pada IndoBuildTech Architecture Prize 2024 ini.


Tentang Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak

Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak (Merak Port Executive Terminal) adalah sebuah pelabuhan penyeberangan yang terletak di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Pelabuhan ini merupakan penghubung penting antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra, yang dapat melayani ribuan penumpang dan kendaraan setiap harinya.


Proyek ini adalah hasil kolaborasi Alien Design Consultant dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), menjawab visi untuk mengangkat fasilitas pelabuhan setara dengan bandara dalam hal kenyamanan dan kemewahan.

Terinspirasi oleh Gunung Krakatau dan Gunung Anak Krakatau, desain terminal ini mencerminkan keindahan alam sekitar sekaligus menambah nilai estetika kawasan tersebut. Bangunan terminal yang menyerupai dua gunung berapi dengan jembatan penghubung menciptakan kesan dramatis dan unik bagi pengunjung.

Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak tidak hanya menawarkan nilai estetika tinggi, tetapi juga kenyamanan dan fungsionalitas bagi pengguna. Fasilitas di dalamnya termasuk area tunggu yang luas, toko-toko retail, musholla, dan fasilitas kebersihan yang memadai, memastikan pengalaman yang nyaman bagi para penumpang.


Alien Design Consultant: Bold, Responsible dan Sustainable.

Penghargaan ini merupakan bukti dedikasi Alien Design Consultant dalam menciptakan karya arsitektur yang tidak hanya fungsional tetapi juga memiliki nilai estetika tinggi. Kami bangga dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan infrastruktur di Indonesia, dan penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk terus berkarya dengan inovasi dan kualitas terbaik.


Alien Design Consultant juga terus memegang teguh prinsip Berani (Bold), Bertanggung Jawab (Responsible) dan Berkelanjutan (Sustainable) dalam setiap karya-karya yang dihasilkan. Hal ini bertujuan agar infrastruktur dan pembangunan di Indonesia bukan hanya baik untuk hari ini, melainkan baik untuk masa mendatang.

Comments


bottom of page