top of page
  • Writer's pictureQeis Muhammad

Bank BTN Bangun Kantor di IKN, Karya Alien Design Consultant

Presiden Jokowi Hadiri Groundbreaking Kantor BTN di Ibu Kota Nusantara

Hari ini, Rabu 5 Juni 2024, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri groundbreaking Kantor PT Bank Tabungan Negara (BTN) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian 2 hari groundbreaking tahap 6 IKN yang dimulai sejak 4 Juni 2024.


Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan bahwa IKN adalah masa depan Indonesia dan investasi di IKN adalah membangun masa depan. Oleh karena itu, langkah BTN untuk membangun kantornya di IKN adalah langkah yang tepat.


"Jadi kalau BTN membangun cabangnya di IKN ini tidak salah, tidak keliru. Karena akan banyak sekali dibutuhkan pembiayaan investasi properti di Nusantara ini," jelas Jokowi.


Gedung Kantor BTN: Melengkapi Bank BUMN di IKN

Pembangunan gedung kantor BTN akan melengkapi Bank BUMN yang sebelumnya telah melaksanakan groundbreaking di IKN seperti Bank Mandiri dan Bank BNI yang juga didesain oleh Alien Design Consultant.


Gedung BTN akan dibangun di atas lahan seluas 9.000 meter persegi dengan nilai investasi sebesar Rp113 miliar untuk tanah dan bangunan. Direktur Utama Bank BTN, Nixon L.P. Napitupulu, mengatakan bahwa gedung tersebut akan dimanfaatkan sebagai perdagangan umum dan jasa, bank umum, layanan prioritas hingga ruang terbuka hijau. Ditargetkan, proyek pembangunan gedung kantor BTN rampung pada 2025 dan beroperasi paling lambat 2026.


Filosofi Desain Arsitektur dan Interior Bank BTN di IKN

Alien Design Consultant, selaku arsitek dan desainer interior Bank BTN IKN, mengusung filosofi desain "HOUSING AND BEYOND" yang mentransformasi BTN menjadi perbankan perumahan di kota masa depan.

Filosofi desain tersebut diwujudkan dalam beberapa aspek, yaitu:


  • HOUSE REPRESENTATION: Bangunan didesain sebagai sebuah rumah dengan zona-zona dan ruang-ruang yang menyertainya, memastikan setiap kegiatan sebuah ‘keluarga’ terwadahi sepenuhnya.


  • DEFORMATION: Ruang dan zona di deformasi, bersifat acak dan lebih bebas layaknya rumah masa depan, menciptakan ‘ruang tamu’ yang ramah bagi nasabah, ‘ruang keluarga’ yang hangat sebagai wadah berkerja yang efisien, serta ‘teras-teras’ yang nyaman sebagai ruang kolaborasi, berolah raga, penempatan energi terbarukan atau sekedar menikmati alam.

  • INFINITY FORM: Mentransformasi bentuk "infinity" untuk melambangkan aktfitas yang terus berkembang, gedung BTN IKN diharapkan menjadi perspektif baru dalam perbankan digital.

Alien Design Consultant Bangga Berkontribusi untuk Kemajuan Negeri!

Alien Design Consultant bangga dapat memberikan karya terbaiknya untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara dan kota-kota lainnya di Indonesia. Komitmen Alien Design Consultant adalah untuk kemajuan negeri dan kesuksesan bangsa hari ini dan masa depan dengan nilai-nilai BOLD, RESPONSIBLE dan SUSTAINABLE.

Comments


bottom of page